AKHILES SHYANTICA WISNUMURTI
Program Studi
NIM
Progres Studi Akhir
Tanggal Penetapan
Judul Skripsi
Penerapan Konsep Gamifikasi Pada Media Pembelajaran Huruf dan Angka untuk Anak Usia Dini Berbasis Android (Studi Kasus : PAUD Desa Karanggintung)
Aplikasi media pembelajaran huruf dan angka untuk anak usia dini dengan konsep gamifikasi berbasis android ini
dilatar belakangi kurangnya pemahaman siswa-siswa PAUD Desa Karanggintung, pada materi huruf dan angka. Di
PAUD Desa Karanggintung, para siswa belum memahami materi huruf dan angka tersebut dengan baik.
Penggunaan metode pembelajaran yang konvensional, belum adanya pengembangan media yang lain, anak menjadi
mudah bosan dan kurang berkonsentrasi pada pelajaran menjadi alasan kurangnya pemahaman pada materi huruf
dan angka. Perlu diciptakan inovasi baru yang searah dengan tujuan penelitian yaitu terbangunnya media
pembelajaran huruf dan angka dengan konsep gamifikasi berbasis android, guna meningkatkan motivasi belajar
serta pemahaman pada anak. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Dengan menggunakan metode gamifikasi, diharapkan anak lebih termotivasi dan
memiliki perasaan senang dalam belajar sehingga dapat memahami materi huruf dan angka dengan baik. Adapun
hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut: metode ADDIE dapat digunakan untuk membangun aplikasi
pembelajaran. Game engine Construct 2 dapat digunakan untuk membangun aplikasi gamifikasi pembelajaran huruf
dan angka berbasis android. Dan hasil evaluasi skala benchmark User Experience Questionnaire (UEQ), Aspek
Daya Tarik (attractiveness) dengan nilai 2,43, Aspek Efisiensi (efficiency) dengan nilai 2,22, Aspek Kejelasan
(perspicuity) dengan nilai 2,08, Aspek Ketepatan (dependability) dengan nilai 2,11, Aspek Stimulasi (stimulation)
dengan nilai 2,45 dan Aspek Kebaruan (novelty) memperoleh nilai 2,23. Dengan demikian, maka keenam aspek
UEQ memperoleh hasil Excellent (baik sekali) di atas rata-rata. Aplikasi media pembelajaran ini dapat membantu
meningkatkan pemahaman dan motivasi para siswa, pada pembelajaran materi huruf dan angka.