GRACE NOVENTINA
Program Studi
NIM
Progres Studi Akhir
Tanggal Penetapan
Judul Skripsi
Perancangan Board Game Pengenalan Wayang Punakawan di Banyumas Sebagai Edukasi Bagi Siswa SD
Perancangan Board Game ini berisi tentang perancangan sebagai media pembelajaran mengenai
Wayang Punakawan yang dapat meningkatkan daya tarik masyarakat umum khusunya siswa-siswi pelajar SD
yang ada diwilayah Kabupaten Banyumas. Perancangan ini menggunakan metode analisis data SWOT. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan yaitu kualitatif dengan observasi dan wawancara kepada ahli Wayang untuk
mencari data mengenai Wayang Punakawan di Banyumas. Game ini dirancang dari permainan ular tangga.
Arena bermain dimodifikasi menjadi bentuk gunungan dan petak bermain berbentuk lingkaran serta terdapat
sulur ditepian gunungan. Selain itu ular dan tangga diganti menjadi keris dengan membedakan arah keris, jika
keris menghadap ke atas maka naik, jika keris menghadap ke bawah maka turun. Disetiap nomor terdapat kartu
kuis, kartu tantangan, kartu informasi wayang dan kartu tebak wayang. Dipapan board game terdapat tempat
kartu poin dan kartu bermain sehingga dapat mempermudah pemain untuk mengambil kartu didalam permainan.
Kumpulan konsep permainan ular tangga dan vector Wayang Punakawan tersebut kemudian di olah ke dalam
permainan ular tangga.