SOSIALISASI MBKM BKP KULIAH KERJA NYATA TEMATIK (KKNT) | STIKOM Yos Sudarso

SOSIALISASI MBKM BKP KULIAH KERJA NYATA TEMATIK (KKNT)

Purwokerto - Sekolah Tinggi Ilmu komputer Yos Sudarso mengadakan Sosialisasi program MBK BKP Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) , kegiatan ini bekerjasama dengan Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang dilaksanakan pada 9 maret, kegiatan ini di adakan secara online. Kegiatan ini di buka oleh ketua STIKOM Yos Sudarso bapak Romanus Edy Prabowo, S.Si., M.Sc., Ph.D. dalam sambutanya bapak romamus mengatakan "Kampus Sangat mendukung kegiatan ini,  harapanya para mahasiswa yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti kegiatan ini, untuk terjun ke masyarakat dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari implementasi dari 3 drama Perguruan Tinggi" setelah pembukan kegiatan dilanjutkan pemaparan materi "Apa itu Kuliah Kerja Nyata Tematik" yang dibawakan oleh Romo Antonius Ary Setyawan, MA. Kuliah Kerja Nyata Tematik sendiri adalah Suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa.Disini dijelaskan bahwa KKNT ini Sasarannya yaitu Desa yang tertinggal untuk berkembang. 

stikom

Tujuan diadakannya KKNT yaitu Mahasiswa Diharapkan dapat mengasah softskill disiplin/keilmuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan. Mendukung kerja sama bersama Kementerian Desa PDTT serta Kementerian/stakeholder lainnya.Dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya bekerjasama dengan banyak pemangku kepentingan di lapangan. Membantu percepatan pembangunan di wilayah pedesaan bersama dengan Kementerian Desa PDTT.

stikom

Adapun persyaratan peserta yaitu Mahasiswa reguler S1 yang terdaftar pada PDDikti, Telah lulus minimal 90 SKS dan tidak ada nilai E, IPK ≥ 2.0, Sehat jasmani dan rohani, Pelaksanaan 5-10 Mahasiswa/ Kelompok dengan multidisiplin keilmuan
Pada sesi selanjutnya yaitu "Sharing dari Ka Maulana dan Ka Aga dalam melaksanakan kegiatan KKNT" pada program kerja program kerja yang mereka bikin yaitu Membuat program, Memperbaharui website, Pelatihan Microsoft (peserta mayoritas ibu ibu PKK), desain produk, dan desain grafis. Pengalaman yang dirasaka yaitu berkomunikasi dengan penduduk desa, dan menjadi pundak bagi stikom, dan teman teman” agar bisa menjadi jembatan antara kampus dan masyarakat. 

Penulis : Kusmala Rossinta Dewi
Editor    : Gayuh Septiyan Wibowo