Pelatihan Menulis Artikel | STIKOM Yos Sudarso

Pelatihan Menulis Artikel

STIKOM Yos Sudarso 

Sabtu, 24 April 2021 Stikom Yos Sudarso melaksanakan acara Pelatihan Menulis Artikel Berita. Kegiatan ini berlangsung dari pukul satu siang sampai dengan setengah lima sore dengan narasumber Bapak Drs.Y.Sukata, Dosen Bahasa Inggris STIKOM Yos Sudarso dan  Mas Wilibrordus Megandika Wicaksono biasa disapa Mas Dika, sekarang berprofesi sebagai wartawan Harian Kompas.

Pelatihan kepenulisan ini digagas oleh  SEMA  karena minat menulis dan membaca dikalangan mahasiswa STIKOM Yos Sudarso masih  sangat minim dan sebagian tugas mahasiswa berkaitan dengan tugas menulis selain itu menulis juga merupakan ciri mutlak  dari kepribadian seorang sarjana.

“Dengan diadakan pelatihan menulis ini harapannya Mahasiswa STIKOM dapat mengetahui bagaimana metode menulis yang baik dan benar sehingga  memiliki peluang untuk menulis dan menyalurkan bakatnya ” Tutur Ketua SEMA STIKOM Yos Sudarso Adrianus Ardi.

Sesi pertama acara ini dibawakan oleh Bapak Sukata dengan pokok bahasan Menulis Artikel  Ilmiah dimana disampaikan  bahwa menulis tidak sama dengan mengarang, menulis berarti kita berkomunikasi dengan cara, teknik dan metode tertentu sehingga orang memahami fakta yang kita tulis. Artikel adalah karya yang berisi gagasan atau fakta yang dapat membujuk, meyakinkan, mendidik dan menghibur serta dipublikasikan ke suatu media seperti Koran, bulletin jurnal dan lain-lain. Dan Ilmiah berarti logis dan masuk diakal manusia.

Bapak Sukata mengatakan bahwa dalam menulis suatu artikel ilmiah kita harus menentukan pokok permasalahan, mengumpulkan data yang relevan, menganalisis dan menginterpretasi temuan dan kemudian membuat suatu kesimpulan. Maka dari itu kita harus banyak membaca sehingga tidak terjebak dalam hutan belantara informasi.

Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Mas Wilibrordus Megandika Wicaksono biasa dipanggil Mas Dika, pada sesi ini peserta diajak masuk dalam suasana lebih intens tentang mengapa  menulis ? dan mengapa aku harus menulis? Dengan memutar sepenggal kisah perjalanan Mas Dika dalam dua buah vidio yang memotivasi peserta untuk menulis.

Mas Dika menyampaikan bahwa kita harus memiliki motivasi yang jelas untuk menulis dan ada beberapa alasan orang menulis yaitu  karena disuruh dosen, tugas kuliah, cari uang, kebiasaan, suka, atau ingin dikenang.

Untuk itu kita harus tahu bagaimana cara menulis yang baik. Berikut tips menulis ala Mas Dika: pertama kita harus tahu apa yang ingin kita tulis dan mengenali berbagai jenis tulisan,  kemudian membaca dan mengumpulkan informasi dan inspirasi, menyiapkan tema dan judul, menyiapkan kerangka dan pokok fikiran, menentukan tenggat batas waktu dalam menulis, kemudian segeralah menulis .

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat”

_Pramedya Anata Toer

Ayo kembangkan gagasan dan ide-ide mu dalam tulisan, kalau bukan hari ini kapan lagi?

 

- Humas SYS -