STIKOM Yos Sudarso Kembali Raih Prestasi Gemilang di Lomba Faperta Fair 5 Bali

Purwokerto - Siti Maskanah, mahasiswi Program Studi Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso, kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah nasional. Dalam Lomba Faperta Fair 5 yang diadakan di Bali pada 18-19 Mei 2024, Siti Maskanah berhasil meraih Medali Perunggu Juara 3 kategori bidang Pariwisata dan Budaya dalam Lomba Essay Competition.

Ajang bergengsi ini diselenggarakan oleh Universitas Dhyana Pura & Sentosa Foundation dan diikuti oleh 350 peserta dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Sanggar Budaya Pinggir Lepen Wisata Nuansa Kearifan Lokal": Sebuah Karya Inspiratif

Melalui karyanya yang berjudul "Sanggar Budaya Pinggir Lepen Wisata Nuansa Kearifan Lokal", Siti Maskanah mengangkat isu penting tentang peran generasi muda dalam melestarikan budaya lokal, khususnya gamelan. Esai yang penuh makna dan inspiratif ini mengantarkan Siti Maskanah pada podium juara, membawa pulang trofi dan sertifikat penghargaan.

Persiapan Matang dan Dukungan Penuh

Siti Maskanah mengungkapkan bahwa persiapannya dalam mengikuti lomba ini cukup intens, terutama dalam pembuatan video yang menjadi salah satu syarat lomba. Dia mengaku mendapat dukungan penuh dari teman-temannya dalam proses pengeditan video dan poster.

Selain itu, ia mendapatkan bimbingan dari Monika Gisthi Secaresmi, S.S., M.Pd, dosen matakuliah Bahasa Indonesia, dan informasi dari Sanggar Pinggir Lepen dengan bantuan pemilik dan anggota sanggar yang juga mahasiswa jurusan karawitan di Institut Seni Indonesia Surakarta.

Momen Berkesan dan Kunci Kemenangan

"Momen yang paling berkesan yaitu saat pengumuman perlombaan dimana hampir semua peserta tegang dan berharap untuk menang. Adapula trip yang menyenangkan karena semua peserta bergabung menjadi satu dan bermain game serta berfoto bersama," kenang Siti Maskanah.

Menurutnya, kunci kemenangan dalam lomba ini adalah niat dan kecintaannya terhadap seni dan budaya lokal. Semangatnya untuk melestarikan warisan budaya bangsa menjadi inspirasi bagi para peserta lainnya.

Prestasi yang Membanggakan dan Semangat Baru

Prestasi Siti Maskanah tidak hanya membanggakan dirinya sendiri, tetapi juga STIKOM Yos Sudarso. Pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen STIKOM Yos Sudarso dalam mendorong mahasiswanya untuk berprestasi dan berkarya di berbagai bidang.

Siti Maskanah berharap prestasinya ini dapat menginspirasi para mahasiswa lain untuk terus berkarya dan berpartisipasi dalam berbagai kompetisi di masa depan. Ia berpesan kepada para peserta lain untuk tetap percaya dan yakin pada diri sendiri, didukung dengan doa dan usaha maksimal.

 

Penulis: Naomi Yunika Aulia dan Martina Novilia

Penyunting: Gabriel Rosa dan Rosalina Yani