Mahasiswa STIKOM Yos Sudarso Raih Juara Nasional Pencak Silat | STIKOM Yos Sudarso

Mahasiswa STIKOM Yos Sudarso Raih Juara Nasional Pencak Silat

Purwokerto - Nugrah Rayi Sunu, mahasiswa berprestasi dari STIKOM Yos Sudarso Prodi Sistem Informasi Angkatan 2023, berhasil menorehkan prestasi gemilang di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Tasikmalaya Championship yang diadakan pada 18-19 Mei 2024.

Berlangsung di GOR Siliwangi, Tasikmalaya, lomba ini diikuti oleh puluhan pesilat tangguh dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Nugrah Rayi Sunu yang bertanding di dua kategori, yakni seni dan tanding, menunjukkan performa luar biasa dan berhasil meraih juara 1 di kategori seni dan juara 3 di kategori tanding.

Persaingan Ketat dan Motivasi Tinggi

Nugrah Rayi Sunu dihadapkan dengan persaingan ketat di setiap kategori. Di kategori seni, ia harus bersaing dengan 30 pesilat lainnya, sedangkan di kategori tanding, jumlah pesilatnya mencapai 40 orang.

"Motivasi saya mengikuti lomba ini adalah untuk mencari pengalaman dan meningkatkan prestasi diri," ungkap Nugrah Rayi Sunu. Awalnya, ia mengaku tidak begitu menyukai pencak silat dan lebih tertarik pada sepak bola. Namun, seiring waktu, ia mulai menemukan kecintaannya pada pencak silat dan terus berlatih hingga saat ini.

Persiapan Matang dan Semangat Pantang Menyerah

Demi meraih hasil terbaik di Kejurnas Pencak Silat Tasikmalaya Championship, Nugrah Rayi Sunu menjalani persiapan yang cukup intens. Ia berlatih rutin setiap hari, bahkan tak jarang berlatih hingga malam hari.

Meskipun sempat mengalami kendala dengan pihak panitia, Nugrah tetap fokus dan semangat dalam berlatih. Kegigihan dan tekadnya membuahkan hasil manis dengan raihan juara di dua kategori.

Target Juara Satu dan Harapan untuk Masa Depan

Meskipun merasa sedikit kecewa karena tidak berhasil meraih juara satu di kedua kategori, Nugrah Rayi Sunu tidak patah semangat. Ia justru termotivasi untuk berlatih lebih keras dan meraih prestasi yang lebih gemilang di event berikutnya.

"Ingin membalas lagi biar bisa juara satu next event," katanya dengan penuh semangat.

Nugrah Rayi Sunu berharap dapat mengikuti lebih banyak event pencak silat di masa depan dan mampu mengalahkan semua pesaingnya. "Lebih banyak ikut event, sampai bisa mengalahkan semuanya," harapnya.

Pesan Inspiratif bagi Teman-teman Mahasiswa

Kepada teman-temannya di STIKOM Yos Sudarso yang belum pernah mengikuti lomba atau merasa belum punya bakat, Nugrah Rayi Sunu memberikan pesan inspiratif.

"Pahami bakat sendiri, gaes. Lihat kemampuan diri sendiri dengan melihat passion kamu di mana, sukanya apa, ekspresikan jangan didiem-diem aja," pesan Nugrah Rayi Sunu.

Prestasi Nugrah Rayi Sunu di Kejurnas Pencak Silat ini menjadi bukti bahwa bakat dan kerja keras dapat mengantarkan seseorang pada kesuksesan. Ia menjadi inspirasi bagi teman-temannya di STIKOM Yos Sudarso untuk berani mencoba dan mengekspresikan bakat mereka.

Penulis: Berlian Okta Tiara Sari dan Anggita Indraswari

Penyunting: Gabriel Rosa dan Rosalina Yani