Sosialisasi Buku Panduan Hibah Penelitian & PKM DRTPM_2024: Membimbing Langkah Menuju Keberhasilan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Di tengah dinamika dunia penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang semakin berkembang, penting bagi para akademisi dan peneliti untuk memiliki panduan yang jelas dan komprehensif. Dalam rangka itu, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) tahun ini telah meluncurkan Buku Panduan Hibah Penelitian & PKM DRTPM 2024, sebagai kompas bagi para peneliti dan praktisi PKM dalam menjalankan kegiatan mereka.

Pada hari Rabu (21/2) ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Suster Ria Manurung, SE., M.Si., Ak,CA memberikan sosialisasi mengenai Buku Panduan Hibah Penelitian & PKM DRTPM 2024. Buku panduan ini bukan sekadar kumpulan aturan, tetapi sebuah panduan praktis yang dirancang untuk memberikan arahan yang tepat dan dukungan yang dibutuhkan oleh para peneliti dan praktisi PKM. Mulai dari proses pengajuan hingga pelaksanaan dan pelaporan, semua tahapan dijelaskan secara rinci dan mudah dipahami.

DRTPM 2024 merupakan program hibah penelitian dan PKM yang diselenggarakan oleh DRPM sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong pengembangan penelitian dan penerapan ilmu pengetahuan untuk kemajuan masyarakat. Program ini menyediakan berbagai jenis hibah, mulai dari hibah penelitian dasar hingga hibah pengabdian kepada masyarakat, untuk mendukung riset-riset inovatif dan proyek-proyek PKM yang berdampak positif bagi masyarakat.

Sosialisasi Buku Panduan Hibah Penelitian & PKM DRTPM 2024 bertujuan untuk:

  1. Memperkenalkan panduan tersebut kepada para peneliti dan praktisi PKM.
  2. Menjelaskan secara rinci tentang persyaratan, tahapan, dan mekanisme pengajuan hibah.
  3. Memberikan pemahaman yang mendalam tentang proses evaluasi dan seleksi proposal.
  4. Mendorong partisipasi aktif dari para akademisi dan peneliti dalam mengajukan proposal hibah yang berkualitas.
  5. Memastikan bahwa semua pihak yang berkepentingan memahami dengan baik tata cara dan prosedur yang berlaku.

Sosialisasi Buku Panduan Hibah Penelitian & PKM DRTPM 2024 akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan, termasuk:

  1. Pengenalan Buku Panduan: Para peserta akan diperkenalkan dengan isi dan struktur buku panduan ini, serta pentingnya memahami setiap bagian yang ada.
  2. Workshop dan Pelatihan: Akan diselenggarakan workshop dan pelatihan yang mendalam tentang proses pengajuan hibah, penyusunan proposal, dan persiapan pelaksanaan proyek.
  3. Sesi Tanya Jawab: Para peserta akan diberikan kesempatan untuk bertanya langsung terkait ketentuan dan prosedur pengajuan hibah.

Partisipasi aktif dari seluruh komponen akademik dan penelitian diharapkan dalam rangka sosialisasi ini. Dengan memahami secara mendalam tentang panduan ini, para peneliti dan praktisi PKM dapat mengoptimalkan peluang mereka untuk mendapatkan hibah dan menjalankan proyek-proyek yang berdampak besar bagi masyarakat.

Sosialisasi Buku Panduan Hibah Penelitian & PKM DRTPM_2024 merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa kegiatan riset dan PKM di Indonesia berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal bagi kemajuan bangsa. Dengan panduan yang jelas dan dukungan yang tepat, para peneliti dan praktisi PKM diharapkan dapat menjalankan kegiatan mereka dengan efektif dan efisien, serta memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan negara.