Mahasiswa STIKOM Yos Sudarso Purwokerto Ikuti Program Pengantar MBKM Secara Online

Pada hari ini, 14 Februari 2024, mahasiswa STIKOM mengikuti acara Pembekalan MBKM secara online yang diselenggarakan melalui platform zoom. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang program Magang, Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan berbagai manfaat lainnya yang dapat diperoleh mahasiswa dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Dalam acara ini, Pak Dhani sebagai pembuka acara, menjelaskan tujuan dan manfaat dari program MBKM kepada mahasiswa. Kemudian, materi pertama disampaikan oleh Romo Christy, yang membahas mengenai pengalaman asistensi mengajar di berbagai sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Suster Ria menyampaikan materi kedua mengenai KKN Tematik, di mana mahasiswa diminta untuk berpartisipasi dalam program KKN di sekitar wilayah Banyumas. Program ini direncanakan akan berlangsung selama 6 bulan dengan pendaftaran dibuka mulai tanggal 14 hingga 18 Februari 2024 melalui situs web resmi Kampus Merdeka.

Sementara itu, Bu Endang memaparkan materi mengenai Bimbingan Karir dan Bimbingan Magang (BKB), yang menyoroti potensi mahasiswa yang dapat dikembangkan melalui program ini. Sedangkan, Bu Ety memperkenalkan kerjasama antara PT Mitra ATMI dengan ATMI Solo dalam penyelenggaraan magang, serta menyinggung peluang kerja di CV Primastar.

Acara juga dimeriahkan dengan game quiz, di mana pertanyaan seputar MBKM diajukan kepada peserta. Tiga pemenang teratas dipilih berdasarkan hasil kuis.

Pada penutup acara, seluruh peserta bersama-sama melakukan doa untuk kesuksesan program MBKM dan kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri.

Dengan total partisipan mencapai 70 orang, acara ini dianggap sukses dalam memberikan pemahaman dan motivasi kepada mahasiswa mengenai program-program yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan diri mereka.