PENYAMPAIAN VISI, MISI, DAN PROGRAM KERJA KANDIDAT KETUA DAN WAKIL KETUA SENAT MAHASISWA STIKOM YOS SUDARSO PERIODE 2024/2025

Menjelang re-organisasi senat mahasiswa STIKOM Yos Sudarso Purwokerto tahun 2023/2024, senat mahasiswa menggelar debat kandidat calon, yang mana dalam debat tersebut terdapat penyampaian visi, misi dan juga program kerja dari masing masing pasangan calon ketua dan wakil ketua.

Penyampaian visi,misi serta program kerja ini di selenggarakan di auditorium STIKOM Yos Sudarso pada 05 Januari 2024 pukul 13.00 WIB. Acara ini merupakan awal dari serangkaian acara re-organisasi senat mahasiswa untuk menutup periode lama dan membuka lembaran baru untuk periode baru yakni periode 2024/2025.

Penyampaian visi, misi dan program dari paslon ketua dan wakil ketua periode 2024/2025 ini mengusung tema “Pemimpin yang Kritis, Analitis, dan Berkarakter”.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Ketua STIKOM Yos Sudarso, Bpk. Romanus Edy P., S.Si., M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya, Ketua STIKOM Yos Sudarso ini menegaskan kembali bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik dan sesuai amanah; Harapannya adalah bahwa siapapun yang terpilih nantinya dapat menjadi wakil suara dari setiap aspirasi yang ingin disampaikan mahasiswa dan mahasiswi serta semua civitas akademi STIKOM Yos Sudarso demi mewujudkan STIKOM Yos Sudarso yang lebih baik lagi ke depannya.

Dalam sambutannya kali ini juga, Bapak Romanus Edy P., S.Si., M.Sc., Ph.D. melanjutkan dengan penyampaian kembali visi dan misi STIKOM Yos Sudarso yang baru, yang mana visi dan misi yang baru ini sudah diresmikan secara formal oleh Yayasan Karya Perutusan Perutusan Purwokerto.

Setelah sesi sambutan Ketua STIKOM Yos Sudarso, acara dilanjutkan dengan pembacaan CV dari masing-masing pasangan calon ketua dan wakil ketua. Setelah pembacaan CV dari masing – masing paslon, para moderator menyampaikan/membaca tata tertib debat bagi seluruh paslon, panelis dan juga mahasiswa/i yang hadir dalam acara debat tersebut, dengan tujuan agar acara penyampaian visi,misi dan program kerja serta debat dapat berjalan dengan sistematis dan teratur.

Setelah segenap rangkaian acara pembukaan yang ditandai dengan sambutan dari Ketua STIKOM Yos Sudarso sampai ke pembacaan tata tertib, tibalah acara yang menjadi topik utama dalam agenda kali ini yakni penyampaian visi, misi dan program kerja serta debat dari pasangan calon ketua dan wakil ketua.

Pembacaan visi dan misi di mulai dari paslon nomor urut pertama, di ikuti paslon nomor urut dua dan paslon nomor urut tiga.

Adapun nama-nama pasangan calon ketua dan wakil ketua serta visi dan misi juga program kerja adalah sebagai berikut :

  1. No. urut 1 : Julius Dias Dwiatmoko W (Ketua) dan Marsell Stefen Lontaan (Wakil)
     a

    Visi : Mewujudkan Senat Mahasiswa yang SIAP ( Solid, Inovatif, Adaptif, daN Profesional) TERBANG

    Misi :
    - Menjadikan STIKOM Yos Sudarso Purwokerto sebagai kampus yang lebih dikenal khalayak luas
    - Membangun komitmen dalam setiap lini untuk senat mahasiswa yang lebih solid
    - Melakukan perluasan dalam menjaring aspirasi yang partisipatif, terbuka dan transparan
    - Menjadi wakil mahasiswa yang kredibel dan tanggap dalam mewujudkan aspirasi mahasiswa

    Program Kerja :
    - Pengembangan soft skill 
    - Pemberdayaan mahasiswa
    - Kontribusi sosial

  2. No. urut 2 : Gerson Manuel Sugianto (Ketua) dan Angga Ria Syahputra (Wakil) 
     a

    Visi : Mewujudkan Senat Mahasiswa STIKOM Yos Sudarso yang menjadi representasi mahasiswa dan berperan aktif dalam mengembangkan potensi mahasiswa.

    Misi :
    - Membangun kepercayaan dan keterlibatan mahasiswa
    - Mengadvokasi hak dan kepentingan mahasiswa
    Mengembangkan potensi kreativitas dan kepemimpinan mahasiswa
    Membangun kolaborasi yang efektif
    Menanamkan nilai-nilai kepemimpinan yang bertanggung jawab

    Program Kerja :
    Mahasiswa bicara
    Bulan penelitian

  3. No. urut 3 : Mikha El Charisto Rahardjo (Ketua) dan Novita Ayu Hapsari (Wakil)  
     a

    Visi : Memperkuat Senat Mahasiswa sebagai perantara utama untuk menghimpun aspirasi mahasiswa dan mendorong perkembangan kreativitas mahasiswa.

    Misi :
    - Menciptakan pengurus Senat Mahasiswa yang kreatif, bertanggung jawab, kekeluargaan dan tanggap - Menjadi wakil mahasiswa yang kredibel dan tanggap dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa
    - Menjadikan wadah aspirasi bagi seluruh mahasiswa

    - Membuat dan melaksanakan program kerja yang bermanfaat sesuai kebutuhan mahasiswa
    - Melakukan kerjasama dan hubungan yang baik antara Senat Mahasiswa dengan UKM
    - Menjadikan Senat Mahasiswa sebagai sumber informasi yang terpercaya bagi mahasiswa dibidang akademik dan non-akademik             

    Program Kerja :
    - Kotak saran
    - SEMA Connect: jaringan kreatif, responsif, dan kekeluargaan

    Setelah sesi penyampaian visi dan misi serta program kerja acara dilanjutkan dengan sesi pertanyaan dari para panelis mengenai visi, misi dan program kerja dari masing-masing kandidat ketua dan wakil ketua. Adapun panelis yang hadir di acara ini terdiri dari 3 panelis diantaranya ada Bpk. Romanus Edy P., S.Si., M.Sc., Ph.D., Ibu Carolina Ety Widajayanti, SE., MM., dan Bpk Drs. Agus Ariyanto, M.M.

     

    Adapun isi pertanyaan dari para panelis terjabar sebagai berikut :

    Pertanyaan dari Bpk.Romanus Edy P., S.Si., M.Sc., Ph.D. :
    Bagaimana paslon memandang untuk MBKM (dari sisi cara pandang dan aksi) dan rencana 100% untuk bisa diikuti?

    Jawaban :

    Paslon 02 :  pandangan sebagai pemimpin, program MBKM memiliki keilmuan masing-masing. Program magang yang diambil dari keilmuan mahasiswa tersebut. Kampus mengajar memiliki peran pengalaman mahasiswa. Mengadakan lebih banyak sosialisasi. Membentuk sebuah komunitas MBKM dari alumni (mengajak dan memberikan testimoni, membantu proses yang berjalan). Sangat penting dan mewujudkan visi misi dari STIKOM.

    Paslon 03 : setuju dengan paslon 02. Secara langsung memberikan testimoni MBKM. Sosialisasi dapat dilakukan.

    Paslon 01 --> testimoni bisa menganalisa dan belajar langsung dari praktisi. Output yang baik untuk sendiri dan STIKOM. Banyak workshop MBKM.

    Sebagai calon pemimpin dituntut literasi politik. Bagaimana paslon memandang bela negara terhadap mahasiswa, terutama dalam perbedaan aspirasi politik. Rencana apa yang akan dibuat?

    Jawaban :

    Paslon 01 : mengundang melalui workshop kompeten, netral untuk memberikan gambaran mengenai literasi politik. Untuk bela negara belajar melalui MBKM.

    Paslon 02 : mahasiswa sebagai dasar gerakan dan termasuk dalam kalangan pendidikan. Perguruan tinggi untuk mengasah kreativitas. Bersikap netral dan memperhatikan esensi dari PT.

    Paslon 03 : melalui mata kuliah PKN dirasa cukup. Sudah diajarkan dari semester 1. Dengan adanya pemilu senat juga sudah termasuk dalam literasi politik. Harus melek dengan dunia politik.

    a

 

Pertanyaan dari Bpk Drs. Agus Ariyanto, M.M.

Sebagai mahasiswa dan WN mempunyai hak dan kewajiban. Bagaimana langkah konkret untuk memenuhi kewajiban?

Jawaban :

  • Paslon 02 : kewajiban untuk menaati dan memberikan partisipasinya. Langkah konkret menggunakan Mahasiswa Bicara (program kerja). Dengan kegiatan bulan penelitian untuk membantu kampus. Diberikan ruang bebas untuk mengembangkan skill di luar akademisi. Dengan mengikuti MSIB. Program bangkit.
  • Paslon 03 : harus lebih belajar lagi terhadap minat yang sesuai dengan program studi. Mengikuti PMM untuk bisa lebih branding. Harus berperan aktif dalam UKM dan kepanitiaan lain, sehingga bisa mempunyai skill yang dibutuhkan.
  • Paslon 01 : cukup mengikuti perkuliahan yang ada. Aktif dalam UKM yang ada. Mahasiswa bisa memberikan sesesuatu yang membawakan. Contohnya dengan program mentoring

 

Sesi selanjutnya adalah sesi Sosialisasi Pendidikan Berpolitik oleh Romo Dr. Antonius Ary Setyawan, MA bersama Bapak Beka Ulung Hapsara, Anggota Tim PKPHAM Komisioner Komnas HAM 2017-2022, Dewan Pengarah Jaringan GUSDURian. Terdapat beberapa point penting yang dibahas dalam sesi ini diantaranya membahas dan membedah bahwa politik itu bisa menjadi sesuatu yang dipelajari juga menjelaskan bagaimana caranya berpolitik sehat dan wajib menggunakan hak pilih sebaik mungkin. Sesi ini berakhir dengan tanya jawab dari mahasiswa dan Pak Beka, dan di lanjutkan ke sesi berikutnya yakni sesi debat kandidat ketua dan wakil ketua senat.

Sesi terakhir dari rangkaian acara ini merupakan salah satu dari sekian sesi inti yakni debat. Sesi ini di moderatori oleh Acel dan Lulu yang merupakan pengurus senat periode 2023/2024. Keberlangsungan sesi ini di isi dengan saling melempar pertanyaan dan jawaban dari ketiga kandidat ketua dan wakil juga dari mahasiswa/i yang hadir yang mana tujuan dari sesi ini adalah ingin mengupas lebih tuntas bagaimana bentuk kepengurusan dan argumentasi dari setiap paslon.

 

Tahapan selanjutnya dari rangkaian acara ini ialah pelaksaan pemilihan Ketua dan wakil Ketua yang diselenggarakan pada 9 Januari 2024 , serta pengumuman penetapan pasangan ketua dan wakil ketua terpilih.

 Oleh : Martina N. Letek