STIKOM Yos Sudarso Turut Berpartisipasi dalam Mentransformasikan IPTEK di SMA Pius Gombong | STIKOM Yos Sudarso

STIKOM Yos Sudarso Turut Berpartisipasi dalam Mentransformasikan IPTEK di SMA Pius Gombong

STIKOM Yos Sudarso Turut Berpartisipasi dalam Mentransformasikan, Mengembangkan dan Menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan Teknologi Melalui Pendidikan di SMA Pius Gombong

Rabu (13/12) STIKOM Yos Sudarso Purwokerto mengadakan pelatihan media sosial di SMA Pius Gombong. Pelatihan ini diikuti oleh siswa kelas 10 hingga kelas 12.

Pelatihan media sosial ini ditujukan untuk bisa mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi melalui pendidikan. Dengan adanya pelatihan ini, secara tidak langsung terjalin kerjasama antara STIKOM Yos Sudarso dan SMA Pius Gombong.

Pelatihan media sosial dimulai pukul 09.00 pagi yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kepala Sekolah SMA Pius Gombong menyambut dengan hangat dan senang dengan adanya pelatihan ini.

”Rasanya sangat senang kita bisa berkolaborasi dalam hal ini, membantu anak-anak kami semakin melek teknologi yang bisa membangun pendidikan Indonesia lebih baik lagi.” Ucap Dra. St. Aprilia Suprihatini selaku kepala sekolah dalam sambutanya.

Putu Samuel Prihatmaja, M.Kom dan Diwahana M Candrasari. H, M.Kom menjadi narasumber yang membagikan ilmunya dalam bidang IT. Canva menjadi topik utama yang dijadikan selama pelatihan berlangsung. Siswa dan siswa SMA Pius Gombong diajak membuat konten yang menarik dan tidak membosankan.

”Untuk bisa membuat konten yang menarik, perlu diketahui juga pasar kita siapa. Siapa yang mau dituju untuk konten yang dibuat.”  Ucap Diwahana M Candrasari. H, M.Kom  

”Selain pasar audience, tampilan dan isi konten juga harus menarik,” sambung Putu Samuel Prihatmaja, M.Kom sambil menunjukkan halaman beranda canva.

Setelah diberikan penjelasan mengenai bagaimana cara membuat konten yang baik, siswa dan siswi diminta untuk langsung praktek. Hal ini agar siswa-siswi bisa paham tidak hanya teori saja.

a

”Rasanya seneng bisa dapat masukkan secara langsung mengenai konten yang dibuat. Ternyata tidak segampang itu bisa membuat konten yang menarik, aspeknya banyak yang harus diperhatikan. Seneng banget, tidak membosankan ada selingan yang seru.” Antusias salah satu siswa SMA Pius Gombong yang mengikuti pelatihan.

a

Pelatihan berlangsung dengan interaktif sehingga banyak masukkan yang diberikan oleh narasumber kepada siswa dan siswi. Setelah diadakan pelatihan, dilanjutkan dengan promosi mahasiswa baru STIKOM Yos Sudarso Purwokerto untuk bisa lebih memberikan gambaran mengenai dunia IT.

”Kami dari SMA Pius Gombong sangat berterima kasih kepada dosen-dosen STIKOM bisa meluangkan waktunya dan memberikan pelatihan kepada anak-anak kami. Semoga dengan ilmu yang diberikan, anak-anak kami semakin mahir dengan teknologi dan mengembangkan pendidikan Indonesia lebih maju lagi.” Ucap Dra. St. Aprilia Suprihatini menutup pelatihan media sosial yang dilaksanakan.