Tak Hanya Orang Tua, Kini Gen Z Ikut Aktif Dalam Kegiatan Vaksinasi Covid-19

Sejak diumumkannya kasus pertama Covid-19 masuk ke Indonesia, tepatnya 2 Maret 2020, sudah hampir dua tahun kita hidup dalam pandemi virus Covid-19. Pergerakan jumlah kasus penyebaran di tengah kehidupan masyarakat yang beragam tiap bulannya pun semakin dinamis. Tak pandang bulu, Covid-19 bahkan menyebar hingga ke kalangan usia remaja dan anak-anak. Melihat kondisi semakin rentannya usia 12-17 tahun tertular, pemerintah akhirnya menggalakkan vaksinasi untuk usia anak sekolah yakni SMP hingga SMA.

Image removed.

Mendukung hal tersebut, Keuskupan Purwokerto bekerjasama dengan RSU St. Elisabeth Purwokerto, ikut membantu pemerintah dengan menyediakan layanan kegiatan vaksinasi gratis bagi siswa SMP dan SMA di lingkup Kabupaten Banyumas. Jumlah sasaran peserta vaksinasi cukup tinggi, yakni mencapai 200-500 dosis/hari dengan jenis vaksin Sinovac. Sejak hari pertama sudah banyak anak remaja yang datang untuk mendapatkan vaksin. Hal ini menunjukkan tingginya antusiasme dan kesadaran para orang tua mengajak anak-anaknya ikut vaksinasi untuk membentengi diri dari penularan Covid-19 dalam menciptakan herd immunity.

Image removed.

Kegiatan vaksin ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat terutama di kalangan pelajar yang sudah memulai kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah.

Image removed.

Dalam proses pelaksanaannya, STIKOM Yos Sudarso khususnya mahasiswa yang mengikuti kegiatan MBKM Proyek Kemanusiaan, turut andil membantu menangani dalam bidang IT berupa prosedur pendaftaran, pengisian dan pengecekan data peserta vaksin yang diakses lewat web resmi. Apa saja yang menjadi syarat penting yang harus dipenuhi serta kelengkapan dan kesesuaian data yang perlu dibawa oleh para siswa yang akan divaksin, yaitu :

  1. Usia peserta sudah lebih dari 12 tahun per tanggal kegiatan vaksin dilaksanakan.
  2. Membawa KTP/ KK/ KIA/ dokumen lainnya yang mencantumkan NIK dan alamat peserta.
  3. Tidak sedang sakit atau terjangkit virus Covid-19 atau sudah sembuh dari Covid-19 minimal 3 bulan.

Dengan demikian, Keuskupan Purwokerto bersama dengan RSU St. Elisabeth dibantu oleh para mahasiswa STIKOM Yos Sudarso berhasil mencapai target sasaran peserta vaksinasi yang ditetapkan serta mewujudkan proses vaksinasi Covid-19 dengan aman, nyaman dan tercapai pula herd immunity bagi masyarakat Kabupaten Banyumas.

Image removed.