GERAKAN VAKSINASI COVID-19 DI PAROKI SANTA MARIA IMMACULATA BANYUMAS

Latar Belakang

Keinginan masyarakat untuk berkegiatan seperti sedia kala menjadi perhatian pemerintah. Upaya untuk menurunkan angka penurunan penderita covid. Pada saat ini pemerintah mengambil Langkah untuk mengadakan kegiatan vaksin. Kegiatan vaksinasi sudah dinilai maksimal dengan menyediakan dan melaksanakan vaksinasi melalui instansi-istansi seperti puskesmas, rumah sakit, dan centra vaksin Banyumas. Namun demikian masih banyak masyarakat yang belum menerima vaksinasi karena keterbatasan tenaga, dan keterbatasan tempat. Dalam hal ini, atas rasa kemanusiaan dan kepedulian maka gereja ikut mengajukan permohonan kepada kementerian kesehatan agar bisa ikut membantu program pemerintah dalam mempercepat pemberian vaksinasi melalui rumah sakit yayasan katolik Keuskupan Purwokerto yang terdapat di berbagai kota diantaranya, Purwokerto, Pemalang, Pekalongan, Kebumen, Cilacap, Gombong, Kutoarjo, dan Purworejo. 

sys

Dalam program vaksinasi yang di adakan oleh Keuskupan Purwokerto, kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso Purwokerto yang merupakan Yayasan Katolik dibawah naungan Keuskupan Purwokerto juga ikut berpartisipasi dengan mengirim mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso Purwokerto untuk membantu proses vaksinasi di bagian IT. Kami mahasiswa STIKOM khususnya yang berada di Banyumas berinisiatif untuk membantu dalam hal IT untuk proses menginput data, verifikasi data serta validasi data.

 

Target Vaksinasi

Gereja Paroki Banyumas Santa Maria Immaculata ikut membantu kegiatan vaksin yang dilaksanakan di Panti Jompo Wreda Catur Nugraha Suro, Kaliori, Banyumas yang dibantu oleh tim medis dari RS St. Elisabeth Purwokerto. Pemberian vaksin juga diberikan kepada masyarakat sekitar seperti karyawan gua maria kaliori, Karyawan Panti Wreda Catur Nugraha Suro (Panti Jompo), umat paroki banyumas, dan masyarakat sekitar Banyumas.

stikom

Alur Kegiatan Vaksinasi COVID-19 di Banyumas

Kegiatan Vaksinasi Banyumas dilakukan sebanyak dua kali sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh pemerintah kepada masyarakat umum, dosis pertama dilaksanakan pada tanggal 12 September 2021 dan dosis kedua dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2021. Kegiatan Vaksinasi tersebut terdapat alur sebagai berikut :

  1. Panitia vaksinasi berkumpul dan bersiap pada pukul 07.00 WIB
  2. Peserta vaksin mulai hadir pada pukul 08.00 WIB
  3. Proses kegiatan vaksinasi berjalan dari pukul 08.00 WIB s.d. Pukul 12.00 WIB