Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa

STIKOM Yos Sudarso

5 Maret 2021 STIKOM Yos Sudarso melaksanakan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa atau disingkat PKM dengan pembicara ibu Carolina Ety Widjayanti, S.E.,MM selaku puket III  dan Bapak Romanus Edy Prabowo, S.Si.,M.Sc.,Ph.d.  selaku Ketua STIKOM Yos Sudarso

Pada sesi pertama bu Ety memaparkan tentang apa itu PKM dan Mahasiswa bisa mempelajari buku panduan PKM yang telah dibagikan melalui link google drive. 

 Bu Ety menjelaskan bahwa PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa ) merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma perguruan tinggi  yang diluncurkan oleh Direktorat jendral Pendidikan Tinggi pada tahun 2021 yang merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi dan mewujudkan ide kreatif serta inovati  mahasiswa . PKM dapat memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi Perguruan tinggi.

Tujuan dilaksanakan PKM ini tentu saja untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berorientasi ke masa depan dan di tempa dengan Transformasi Pendidikan Tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif dan berdaya saing.

PKM dikelompokan menjadi tiga jenis yaitu :

  • PKM 5 bidang : PKM-R, PKM-K, PKM-PM, PKM-PI dan PKM-KC
  • PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif 
  • PKM Karya Tulis 

stikom

Dalam sesinya Bapak Romanus menyampaikan bahwa PKM ini merupakan peluang bagi mahasiswa STIKOM Yos Sudarso, dimana PKM ini dapat menunjang dan menggantikan skripsi jika berhasil lolos.

Selain itu PKM ini juga terbuka bagi mahasiswa D3 dan S1 dan pembentukan timnya juga bisa kolaborasi antar Prodi dan tingkatan dimana setiap tim terdiri dari tiga orang.

Bapak Romanus juga memberi sedikit masukan dalam pembentukan tim PKM tersebut, seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa PKM ini dapat dijadikan sebagai pengganti skripsi namun tidak semua anggota tim mendapatkan kesempatan tersebut jatah terbesar tentunya diberikan kepada ketua kelompok. Jadi beliau menyarankan bahwa setiap anggota tim juga harus menjadi ketua dijenis PKM yang berbeda agar peluang yang tercipta semakin besar.


stikom

Ayo bentuk tim tunjukan kreatifitasmu  dengan mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa 2021

 

-HUMAS SYS-