Bina Karakter 2021

 “Change Your Mind, Change Your World”

Purwokerto- PAPKI (Perhimpunan Akademi dan Politeknik Katolik Indonesia) bekerjasama dengan Komisi Kerasulan Mahasiswa Purwokerto menyelenggarakan webinar bina karakter selama dua hari yaitu 27 Januari 2021 hingga 28 Januari 2021 dengan tema “Change Your Mind, Change Your World” dengan tujuan “Menjadi Pribadi yang Visioner, Berkarakter, dan Bertanggung Jawab terhadap Masa Depan”.

Pada hari pertama, bina karakter berlangsung dari pukul 09.30 hingga 13.00. Webinar ini diikuti oleh 250 peserta yang berasal dari 34 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia, yang terdiri dari Akademi Bahasa Asing (ABA) St. Pignatelli Surakarta, Akademi Farmasi (AkFar) Prayoga Padang, Akademi Kebidanan (AkBid) Santa Benedicta Pontianak, Akademi Kebidanan (AkBid) Santa Elisabeth Kefamenanu, Akademi Keperawatan (AkPer) Dharma Insan Pontianak, Akademi Keperawatan (AkPer) Fatima Pare-Pare, Akademi Keperawatan (AkPer) Yatna Yuana Lebak Banten, Akademi Kesehatan John Paul II Pekanbaru, Akademi Maritim Nusantara (AMN) Cilacap, Akademi Sekretari Marsudirini (ASM) Santa Maria Semarang, Akademi Sekretaris dan Manajemen (ASekMa) Don Bosco Jakarta, Akademi Sekretaris dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Santa Maria Yogyakarta, Akademi Teknik (AT) PIKA Semarang, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas Katolik Musi Charitas Palembang, Fakultas Vokasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Institute Teknologi TELKOM Purwokerto (ITTP), Politeknik ATMI Surakarta, Politeknik Industri ATMI Cikarang, Politeknik Katolik Mangunwijaya Semarang, Politeknik St. Wihelmus Boawae, Politeknik Tonggak Equator (POLTEQ) Pontianak, Politeknik YAKPERMAS – Banyumas, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Dirgahayu Samarinda, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Panti Rapih Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Panti Waluyo Malang, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Santa Elisabeth Medan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Santa Elisabeth Semarang, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Santo Borromeus Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKom) Yos Sudarso Purwokerto, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretaris Tarakanita (STARKI) Jakarta, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) Santa Ursula Ende, Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto, Universitas Jenderal Sudirman (UNSOED) Purwokerto, dan Universitas Widjaya Kusuma (UNWIKU) Purwokerto.

stikom

Peserta dibagi menjadi 25 kelompok dengan didampingi oleh masing-masing satu pembimbing per kelompoknya. Narasumber pada hari pertama yaitu Frans Budi Santika dan dibantu oleh dr. Agung Kristianto sebagai moderatornya. Materi diberikan dalam tiga sesi, yang pertama yaitu “Pengenalan Diri dan Visi Misi”. Pada sesi ini, peserta diajak untuk mencari dan menemukan apa yang paling suka dilakukan, apa yang paling mahir dilakukan, apa yang orang lain butuhkan dari dirinya, dan apa yang orang lain mau beli dari dirinya. Data-data tersebut digunakan untuk membantu menemukan passion, mission, vocation, dan profession yang sesuai dengan dirinya.

Kemudian pada sesi kedua, Bpk. Frans Budi Santika memberikan materi tentang “Goal Setting dan Tujuan Hidup”. Pada sesi ini, para peserta diajak menemukan the purpose of life dan diberikan motivasi untuk mencapainya. Dan yang terakhir yaitu sesi ketiga, pada sesi ini peserta diberikan materi “Prinsip Hidup dan Nilai-nilai”, yang di dalamnya diberikan bekal untuk menyiapkan masa depan di mana diharuskan menyelaraskan aspek seperti tempat, peralatan, komunitas, pengetahuan, keterampilan, prinsip hidup, dan misi hidup dan juga memiliki berbagai kompetensi dasar.

stikom

Selanjutnya pada hari kedua, yaitu 28 Januari 2021, webinar bina karakter dimulai pada pukul 10.00 hingga 13.00. Peserta berjumlah 50 orang yang terbagi dalam lima kelompok. Para peserta merupakan mahasiswa STIKOM Yos Sudarso Purwokerto tahun 2020/2021 dan mahasiswa tahun sebelumnya yang belum pernah mengikuti bina karakter. Narasumber pada hari kedua yaitu RD. Antonius Ary Setyawan, S.S., M.A. dan Carolina Ety Widjayanti, S.E., M.M., yang membawakan dua sesi dengan materi “Membangun Karakter Unggul” yang membekali para peserta untuk dapat menjadi pribadi dengan karakter yang baik dan juga membantu peserta menemukan kepribadian yang sesuai dengan dirinya melalui MBTI Test. Kemudian pada sesi kedua dengan materi “Klik Re-start to Move On”, para peserta dibantu untuk membuat Credo.

stikom

Webinar bina karakter ini diadakan dengan tujuan dapat membantu peserta mengenal diri dan lingkungan sosial beserta dengan tuntutan nilai yang harus diperjuangkan, merumuskan visi misi pribadi, mengenal target pengembangan diri dan merumuskan komitmen diri, membangun kepemimpinan yang mandiri dan bertanggung jawab, dan menyusun Rencana Konkret Pengembangan Diri (RTL). Kegiatan dilaksanakan melalui video conference zoom meeting. Meskipun pada hari pertama terjadi kendala jaringan sehingga mengakibatkan terjadi banyak miskomunikasi, namun pada hari kedua kegiatan berjalan dengan lancar tanpa gangguan apapun.

Kegiatan bina karakter ini teknis pelaksanaannya yaitu panitia membagikan link zoom meeting kepada peserta. Kemudian peserta yang login harus me-rename akun dengan format no. kelompok_nama perguruan tinggi_nama peserta pada hari pertama, sedangkan pada hari kedua yaitu no. kelompok_nama peserta. Peserta juga diwajibkan mengisi daftar hadir dan kuis pada akhir setiap sesi, serta membuat laporan bina karakter pada akhir acara sebagai syarat mendapatkan sertifikat, yang nantinya sertifikat tersebut dapat dilampirkan dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah.

 

-HUMAS SYS-