Pandemi Covid 19, STIKOM YOS SUDARSO

Pandemi Covid 19, STIKOM YOS SUDARSO

 Jaga Kualitas Pembelajaran dan Ujian Daring

Terkait pencegahan penyebaran Virus Corona, STIKOM Yos Sudarso mengubah sistem pembelajaran dan pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) Semester Genap TA 2019/2020 dari yang semula direncakan dengan tatap muka menjadi secara Online/daring. Untuk pelaksanan kebijakan proses pembelajaran daring, Dhany Faizal Racma, M.Kom selaku Puket 1 bagian Akademik menggelar rapat koordinasi dengan semua dosen terkait monitoring pembelajaran dan persiapan UTS pada Rabu (22 April 2020) melalui jaringan daring.

Dalam rapat tersebut membahas 2 hal penting, pertama mengenai tujuan, output dan mekanisme monitoring pembelajaran daring serta persiapan UTS. Tujuan monitoring ini adalah menjamin kualitas proses pelaksanaan pembelajaran itu sendiri secara daring, menjamin kualitas interaksi yang baik antar mahasiswa maupun antara mahasiswa dengan dosen, serta menjamin kualitas media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata kuliah. Hasil ringkasan pembelajaran dari tiap dosen matakuliah ini akan direkap oleh Kepala Program Studi yang dan diteruskan kepada LPMI sebagai laporan monitoring. Dalam melaksanakan UTS ini, berbagai persiapan akan dilakukan. Diantaranya persiapan jadwal ujian, ragam modul penilaian dalam mengukur capaian pembelajaran dari mahasiswa dengan menyesuaikan karakteristik mata kuliah.

 Romanus Edy Prabowo, S.Si., M.Sc., Ph.D selaku ketua STIKOM juga menyebut upaya meminimalkan persebaran COVID-19 dengan beraktivitas di rumah mesti tetap dimaknai sebagai kegiatan yang produktif. Artinya, meski di rumah, proses belajar mahasiswa akan tetap dilaksanakan melalui pembelajaran daring.

 

- Rosalina Yani & Satrio -