Agustina Widyaningsih

Agustina Widyaningsih

Program Studi

NIM

201501025

Progres Studi Akhir

Progres Studi Akhir
S1 ‧ Yudisium (Lulus)
Tanggal Penetapan

Judul Skripsi

Penerapan QR Code Pada Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Di SMP Negeri 1 Banyumas 

Abstrak

Perpustakaan SMP Negeri 1 Banyumas terletak di Jl. Alun - Alun No. 1 Sudagaran, Banyumas. Perpustakaan ini menyediakan fasilitas perpustakaan yang cukup memadai dan melayani banyak pengunjung, akan tetapi pencatatan seluruh data  masih  dilakukan  secara  manual  sehingga  transaksi  yang  terjadi  seperti peminjaman dan pengembalian buku, pencarian data buku, data anggota dan data lainnya memerlukan banyak waktu. Oleh karena itu, penulis membuat suatu sistem yang dapat mengatasi masalah tersebut. Sistem yang dimaksud adalah Penerapan QR Code Pada Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Di SMP Negeri 1 Banyumas.

Metode  pengembangan  sistem  yang  digunakan  pada  sistem  ini  adalah Linear   Sequential   Model.   Sistem   informasi   ini  berbasis website   dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database My SQL, framework bootstrap dan menerapkan QRCode pada transaksi peminjaman buku.

Penerapan QR Code Pada Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis WebsitDi SMP Negeri 1 Banyumas telah diuji manfaatanya dengan variabel Usability 80%, Learnability 85,5%, Eficiency 87,5% dan Acceptability 82,2%. Hasil uji hipotesis  menunjukan  adanya  perbedaan  waktu  yang  signifikan  pada  proses transaksi peminjaman  dan  pengembalian. Sebelum menggunakan sistem proses transaksi  memerlukan  waktu  24,9   menit  dan  setelah  menggunakan  sistem memerlukan waktu 8,9 menit. Nilai Sig. pada hasil uji paired samples Test adalah

0,000 atau lebih kecil dari 0,05 yang berarti H1  dapat diterima.

Kata Kunci
Perpustakaan, Sistem Informasi, QR – Code, Website

Pembimbing

Poster