Dimas Tri Waluyo

Dimas Tri Waluyo

Program Studi

NIM

201501023

Progres Studi Akhir

Progres Studi Akhir
S1 ‧ Yudisium (Lulus)
Tanggal Penetapan

Judul Skripsi

Peningkatan Kinerja Pt. Sumber Mas Jaya Abadi Menggunakan Sistem Poin Based On Scan Qr Code Berbasis Website

Abstrak

PT. Sumber Mas Jaya Abadi merupakan perusahaan yang khusus bergerak di bidang produksi peralatan kesehatan dan manufaktur peralatan rumah sakit. PT. Sumber Mas Jaya Abadi sendiri merupakan anak perusahaan dari Indokom Group. PT. Sumber Mas Jaya Abadi menjual produk-produk kesehatan dan perangkat rumah sakit dan akan didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Saat ini, di PT. Sumber Mas Jaya Abadi penjualan produk hanya mengandalkan distributor saja. Distributor dilarang menjual produk ke  tempat lain selain rumah sakit. Sehingga, penjualan alat ini tidak mengalami peningkatan karena keterbatasan pasar yang telah ditentukan oleh perusahaan. Terdapat dua aktor yang mempengaruhi penjualan alat ini selain distributor yaitu dokter dan perawat. PT. Sumber Mas Jaya Abadi tidak memberdayakan kedua aktor tersebut yang sebenarnya memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan. Tidak meningkatnya penjualan produk ini menjadi masalah saat ini. Menurut peneliti, hal ini masih bisa ditingkatkan dengan membuat sistem yang dapat melibatkan dokter dan perawat untuk meningkatkan penjualan.

Metode yang digunakan adalah prototype metode ini memiliki 4 tahap yaitu Communication, Quick Plan, Modeling Quick Design, Construction of Prototype, Deployment Delivery & feedback. Kemudian untuk uji manfaat menggunakan ISO 9126 dengan beberapa karakterisitik seperti berikut : Usability, Learnability, Efficiency, Accuracy. Pengujian manfaat menggunakan 30 responden yang telah ditentukan dan diperoleh nilai dari Usability = 96,7 , Learnability = 95,6 , Efficiency = 98,4, Acceptability = 98,4 Setelah itu akan dilakukan uji produk menggunakan pengujian ini berisi 6 atribut dari Dimension of Quality for Goods yaitu Operation, Reliability and Durability, Conformance, Service Ability, Appearance and Perceived, dan Quality. Hasil dari uji produk yang telah dilakukan didapatkan nilai produk 84.17, dengan begitu produk dinyatakan berhasil karena melebihi nilai produk minimum yaitu 70.

Dengan adanya sistem ini dapat membantu meningkatkan kinerja PT. Sumbermas Jaya Abadi.

Kata Kunci
Sistem Poin, QR Code, Scan QR, Website, Prototype.

Pembimbing

Poster