Rahman Darmawan

Rahman Darmawan

Program Studi

NIM

201501094

Progres Studi Akhir

Progres Studi Akhir
S1 ‧ Yudisium (Lulus)
Tanggal Penetapan

Judul Skripsi

Sistem Informasi Pengelolaan Stok Obat Dengan Metode First Expiry First Out (Fefo) Guna Meningkatkan Efektifitas  pengelolaan Persediaan Stok Obat Pada  Pt. Rizky Bangun Perkasa Purwokerto

Abstrak

PT. Rizky Bangun Perkasa Purwokerto adalah sebuah badan usaha swasta yang bergerak dalam bidang perdagangan farmasi seperti obat-obatan dan alat kesehatan yang diperlukan oleh apotek dan rumah sakit. PT. Rizky Bangun Perkasa berlokasi di Jl. Raya Sidabowa No. 5 Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Perusahaan ini setiap harinya menangani transaksi penjualan obat untuk memenuhi permintaan kebutuhan pelanggan baik apotek ataupun rumah sakit di daerah Purwokerto dan sekitarnya.  

Berdasarkan hasil observasi di lapangan, diketahui aktifitas pengelolaan persediaan stok obat pada perusahaan masih dilakukan secara manual mengakibatkan perusahaan kesulitan dalam penyimpanan data dan dapat berakibat terjadi kehilangan data, serta proses pencarian data menjadi kurang efektif dalam kelancaran kinerja pada perusahaan tersebut. Kendala lain yang dihadapi oleh PT. Rizky Bangun Perkasa adalah sering kali terjadi penumpukan stok obat yang telah kadaluarsa pada bagian persediaan stok obat perusahaan dan berdampak dapat merugikan perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dibuatkan sistem informasi pengelolaan persediaan stok obat dengan menggunakan metode pengeluaran obat berdasarkan tanggal kadaluarsa terlebih dahulu / FEFO (First Expiry First Out).

Dengan diterapkan sistem ini, dapat meningkatkan efektifitas dalam hal pencatatan, pengelolaan dan pelaporan persediaan stok obat, serta dapat meminimalisir penumpukan stok obat yang telah kadaluarsa, pada bagian persediaan stok obat milik perusahaan.

Kata Kunci
Sistem Informasi, Persediaan Obat, Tanggal Kadaluarsa dan FEFO.

Pembimbing

Poster