Spanica Pamfilia Linri
Program Studi
NIM
Progres Studi Akhir
Tanggal Penetapan
Judul Skripsi
Sistem Informasi Pada Optik Sejahtera Menggunakan Pendekatan Crm (Customer Relationship Management) Dengan Model Spiral
Optik Sejahtera merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam penjualan alat bantu penglihatan mata atau sering disebut kacamata. Selain kacamata yang terbuat dari stainless dan fiber, saat ini juga banyak produsen di Indonesia yang memproduksi kacamata dari bahan kayu. Pemasaran produk kacamata kayu masih mempunyai kendala, diantaranya adalah masih banyak orang belum mengetahui tentang adanya produk ini. Kondisi ini menyebabkan tidak adanya peningkatan omset penjualan pada Optik Sejahtera. Metode pendekatan CRM dapat digunakan untuk meningkatkan omset penjualan pada Optik Sejahtera. Oleh karena itu, diperlukan sistem informasi dengan metode pendekatan CRM pada Optik Sejahtera. Model yang digunakan untuk membangun sistem informasi ini yaitu model spiral. Langkah-Langkah model spiral yaitu komunikasi dengan pelanggan, perencanaan, analisis resiko, rekayasa, konstruksi dan peluncuran, dan evaluasi pelanggan. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi Optik Sejahtera untuk meningkatkan pendapatan dengan menyediakan layanan yang baik. CRM merupakan aktivitas pemasaran yang dibangun atas empat pilar yaitu mengidentifikasi, menarik, mempertahankan dan memperkuat loyalitas merk, atau memperkuat hubungan untuk mencapai tujuan yang saling menguntungkan. Sistem ini menggunakan database MySQL. Analisis sistem ini menggunakan pengujian White Box, Black Box, Uji Normalitas, Uji Hipotesis, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Uji Manfaat. Hasil dari pembangunan sistem ini berupa software atau aplikasi berbasis website yang dapat mengelola transaksi penjualan secara efisien serta pemilik dapat mengetahui data barang seperti data frame, jenis lensa, aksesoris, data member, data karyawan dan data transaksi. Outcame sistem informasi ini dapat meningkatkan penjualan produk secara efisiensi.