Inisiasi Mahasiswa Baru STIKOM Yos Sudarso Tahun 2019

"One Step Ahead To Be An Innovative 'IT' Generations"

Rangkaian acara Inisiasi Mahasiswa Baru STIKOM Yos Sudarso Tahun Akademik 2019/2020 telah selesai dilaksanakan pada tanggal 2-7 September 2019. Tema Inisiasi Mahasiswa Baru STIKOM Yos Sudarso Tahun tersebut adalah "One Step Ahead To Be An Innovative 'IT' Generations", diharapkan para mahasiswa baru STIKOM Yos Sudarso dapat menjadi pelopor 'Generasi IT' yang inovatif dalam era Revolusi Industri 4.0.

Pada hari Sabtu, tanggal 31 Agustus 2019, kegiatan tersebut diawali dengan Technical Meeting Inisiasi untuk menjelaskan kepada mahasiswa tentang kegiatan pengenalan lingkungan kampus, pembagian kelompok, pembagian jas almamater, pelatihan lagu Mars STIKOM Yos Sudarso, dan penyampaian beberapa hal yang harus dibawa pada saat kegiatan Inisiasi. Technical Meeting tersebut dihadiri oleh 69 mahasiswa baru.

Technical Meeting Inisiasi

Pada hari Senin, tanggal 2 September 2019, Inisiasi Mahasiswa Baru dibuka dalam Sidang Senat Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru STIKOM Yos Sudarso Tahun 2019, dilanjutkan dengan Sesi Perkenalan SDM, dosen dan karyawan STIKOM Yos Sudarso. Sesi tersebut dibawakan oleh Bapak Ir. GH Sumartono, M.Si. selaku Pembantu Ketua Bidang Kepegawaian, Keuangan, dan Umum. Selanjutnya acara berupa pemaparan Visi dan Misi serta Jatidiri STIKOM Yos Sudarso yang disampaikan oleh Bapak Romanus Edy Prabowo, S.Si., M.Sc., Ph.D., Ketua STIKOM Yos Sudarso. Pukul 13.00-14.30 dilanjutkan dengan sesi Penjelasan seputar Akademik yang dibawakan oleh Bapak Dhany Faizal Racma, S.Kom., M.Kom. selaku Pembantu Ketua Bidang Akademik. Selanjutnya diadakan pertemuan antara pihak kampus dengan para orang-tua/wali mahasiswa baru yang dihadiri oleh Bapak Sukata, M.M., Romo Antonius Ary Setyawan, M.A., dan Bapak Agus Ariyanto, M.M., untuk menyampaikan beberapa hal yang berhubungan dengan pembiayaan kegiatan perkuliahan.

Sidang Senat Terbuka Inisiasi Mahasiswa Baru STIKOM Yos Sudarso tahun 2019/2020

Hari kedua Inisiasi dimulai dengan sesi tentang Radikalisme yang dibawakan oleh Romo Antonius Ary Setyawan, MA. Sesi ini mengenai ancaman radikalisme, macam-macam radikalisme, terorisme, ciri radikal, serta krisis identitas dan ideologi. Selanjutnya pada pukul 10.00 adalah sesi tentang narkoba dan donor darah yang dibawakan oleh Bapak Toni Riyamukti dari BNN, dan Bapak Muhammad Mulkhanasir S.K.MBNN memberi materi mengenai pencegahan dan pemberantasan narkoba, pasal-pasal yang mengatur narkoba, terorisme narkoba dan korupsi, serta kerugian pengguna narkoba. PMI memberi materi mengenai variasi darah manusia, kebutuhan darah di Indonesia, syarat mengikuti donor darah, dan bahaya pendonor darah yang tidak sesuai ketentuan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan yang di bawakan oleh Bapak Agus Ariyanto, M.M. Mahasiswa baru dikenalkan tentang segala bentuk atau tindakan yang menitikberatkan pada cara mereka menghargai tanah air, mencintai tanah air, dan cara mereka menjaga tanah air. Dalam sesi ini juga dikenalkan tentang Menwa atau Resimen Mahasiswa STIKOM Yos Sudarso. Sesi dilanjutkan dengan pengenalan Senat Mahasiswa dan juga beberapa UKM serta komunitas lain yang ada di STIKOM Yos Sudarso.

Sosialisasi PMI oleh Bpk. Muhammad Mulkhanasir S.Km

Hari ketiga inisiasi, Rabu 4 September 2019, dimulai dengan sesi Debat yang berjalan dengan lancar dan menarik karena setiap peserta inisiasi memaparkan materi yang telah dipersiapkan dengan baik. Selanjutnya adalah sesi STIKOM BIJAK yang disampaikan oleh Ketua Senat Mahasiswa dan Divisi Humas Senat Mahasiswa, di sesi ini peserta inisiasi diajarkan bagaimana menjadi mahasiswa yang beretika baik dalam lingkungan masyarakat, kampus, maupun keluarga. Dalam sesi ini mahasiswa baru ditantang untuk membuat konten positif di media sosial terkait dengan tema yang telah ditentukan panitia yaitu stop hoax, persatuan Indonesia, dan gerakan penghijauan. Diharapkan dari sesi ini peserta Inisasi menjadi lebih memahami bagaimana perilaku yang baik dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam kegiatan belajar mengajar di kampus. Sesi dilanjutkan dengan Pameran UKM dan Komunitas di STIKOM Yos Sudarso yang dilakukan di area lapangan depan kampus, para mahasiswa baru dibekali tiga bintang untuk dijadikan penilaian atas ketertarikan dan kesukaan mereka terhadap stand UKM dan Komunitas. Memasuki sesi terakhir di penghujung hari yaitu Kecendikiawanan yang dilakukan dengan membagikan sembako kepada masyarakat sekitar STIKOM Yos Sudarso, masing-masing peserta Inisiasi membawa sembako yang telah dipersiapkan oleh panitia dan mereka dibimbing Danpok serta Ketua RT setempat untuk menunjukan letak warga yang akan diberikan sembako.

Sesi Debat

Kamis, 05 September 2019, diawali dengan matrikulasi capaian pembelajaran yang dilakukan di ruang 207, 208, 209, dan 210 oleh masing-masing Ketua Program Studi yang terdiri dari Ibu Endang Setyawati, S.Kom., M.Kom. selaku Kaprodi Sistem Informasi, Bapak David Kristian Paath, S.Ds., M.Ds. selaku Kaprodi Teknik Multimedia dan Jaringan, Bapak Oskar Ika Adi N, S.T., M.T. selaku Kaprodi Teknik Informatika, dan Bapak Adhi Wibowo S.Kom., M.M., M.Kom. selaku Kaprodi Komputerisasi Akutansi. Kegiatan selanjutnya yaitu Information Technology serta Metodologi Pembelajaran yang diisi oleh tim dosen matrikulasi. Sesi KRS Online dipandu oleh masing-masing Kaprodi di Lab. 111 dan 113, KRS Online dilakukan secara bergantian antar prodi yang diakhiri persetujuan KRS dengan meminta tanda tangan dari Dosen Pembimbing Akademik masing-masing.

Matrikulasi

Jumat, 06 September 2019, diawali dengan sesi Evaluasi Matrikulasi yang dibawakan oleh Bapak Nyoto Suharmoko, S.Kom. di Aula STIKOM Yos Sudarso menggunakan aplikasi Schoology. Peserta inisiasi diwajibkan mengisi lembar evaluasi berupa pertanyaan seputar prodi maing-masing. Kemudian dilanjutkan sesi Outdoor game yang dilakukan di sekitar Kampus STIKOM Yos Sudarso. Permainan yang dilakukan yaitu Estafet Air, Estafet Tepung, Janda Miskin, Lempar Air, dan Jaring Laba-laba. Kegiatan Inisiasi ditutup dengan Apel Penutupan Inisiasi yang dipimpin oleh Bapak Agus Ariyanto yang berlangsung dengan khidmat.

Evaluasi menggunakan Schoology

Sabtu, 07 September 2019, adalah hari yang spesial bagi para mahasiswa baru karena pada saat itu mereka dapat bertemu dengan kakak tingkat mereka dalam acara Malam Puncak Keakraban STIKOM Yos Sudarso.

Malam Keakraban Inisiasi STIKOM Yos Sudarso TA 2019/2020