Pembukaan dan Pelepasan KKL STIKOM Yos Sudarso 2019

Berinteraksi dan Menerapkan Kompetensi IT, Berikan Solusi Permasalahan di Masyakarat Kecamatan Kembaran Banyumas

KKL STIKOM Yos Sudarso 2019 Kecamatan Kembaran

Sebanyak 64 mahasiswa dari tiga program studi, yaitu S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Informatika, dan S1 Teknik Multimedia dan Jaringan mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Angkatan IV tahun 2019 di Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Pelaksanaan KKL merupakan kegiatan intra-kurikuler yang secara operasional ditangani oleh Panitia KKL atas nama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STIKOM Yos Sudarso. 

KKL STIKOM Yos Sudarso 2019

Pembukaan dan Pelepasan KKL di Kecamatan Kembaran

 

Bertempat di Aula Kecamatan Kembaran, mahasiswa KKL STIKOM Yos Sudarso disambut dengan hangat oleh Sekretaris Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sekretaris Kecamatan Kembaran beserta jajarannya, Kapolsek Kecamatan Kembaran, Danramil Kecamatan Kembaran, dan para Kepala Desa Kecamatan Kembaran. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars STIKOM Yos Sudarso, doa pembukaan, serta sambutan Bapak Kamijo selaku Sekretaris Dinsospermasdes. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan banyak terimakasih kepada mahasiswa STIKOM Yos Sudarso yang telah mempercayakan Kecamatan Kembaran sebagai tempat tujuan untuk melakukan KKL.

Melalui kegiatan KKL ini, mahasiswa diharapkan mendapat pelajaran yang sangat berharga untuk mengasah keterampilan, wawasan, dan daya nalarnya, terutama di dalam mengatasi masalah yang dihadapi dimasyarakat, khususnya dalam bidang IT

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Adhi Wibowo, S.Kom., M.M., M.T.I. dalam sambutannya selaku Ketua Panitia KKL STIKOM Yos Sudarso tahun 2019. Sementara itu Dhany Faizal Rachma, M.Kom. selaku Wakil Ketua Bidang Akademik STIKOM Yos Sudarso memberikan keterangan bahwa: 

Selain mengikuti aktivitas keseharian yang ada di masyarakat, mahasiswa dituntut untuk mampu menganalisis dan memanfaatkan IT untuk dapat mewujudkan dan mengembangkan berbagai potensi desa di Kecamatan Kembaran 

KKL STIKOM Yos Sudarso 2019

Pendampingan IT di Desa Dukuh Waluh Kecamatan Kembaran

 

Rangkaian kegiatan KKL akan berlangsung selama 1 bulan dari tanggal 1 hingga 31 Agustus 2019. Lokasi KKL yang berada di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas, memiliki 16 desa yaitu Bantarwuni, Bojongsari, Dukuhwaluh, Karangsari, Karangsoka, Karangtengah, Kembaran, Kramat, Ledug, Linggasari, Pliken, Purbadana, Purwodadi, Sambeng Kulon, Sambeng Wetan, dan Tambaksari Kidul. Keenam belas desa tersebut memiliki beragam potensi yang dapat dimaksimalkan ekspose dan ketersediaan informasinya melalui Web Desa yang telah difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika. Enam dosen ditunjuk untuk mendapingi mahasiswa peserta KKL dengan memberikan arahan dari penyusunan program hingga implementasi kegiatan di lapangan.